Ikat Prailiu adalah kain tenun khas masyarakat Sumba, khususnya Sumba Timur. Budaya sejumlah suku di Nusantara tak bisa lepas dari kain tradisional. Selain penuh makna, kain itu kerap dikenakan pada ritual tertentu. Tenun ikat Prailiu salah satunya. Kain tenun ini kaya akan nilai budaya, spiritual, dan ekonomi.
Ikat Prailiu
Prailiu adalah kerajaan yang letaknya tak jauh dari pusat Kota Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Ditilik dari riwayat sejarahnya, Pulau Sumba ini dahulu dihuni beberapa kerajaan. Ini seperti laiknya daerah lain di Nusantara. Namun banyak di antara kerajaan itu yang tergerus zaman. Prailiu sendiri belum melakukan pengangkatan raja lagi setelah wafatnya raja terakhir pada 2008.
Jika Anda cukup sering bepergian ke Kawasan Timur Indonesia, perjalanan ke Sumba Timur jangan sampai luput dari agenda mengunjungi Prailiu. Daya tarik lain dari Prailiu adalah melihat para ibu yang sedang menenun kain khas Sumba.
Meskipun masyarakat di sini banyak yang merupakan keturunan raja, para anggota keluarga ini sangat ramah dan rendah hati. Pengunjung pasti akan betah berlama-lama mendengarkan berbagai cerita sejarah yang mengalir dari mulut mereka. Termasuk tentang kisah-kisah tradisi menenun kain ikat prailiu.
Pulau Sumba dikenal sebagai tanah air penganut Marapu, kepercayaan yang meyakini dan memuja roh leluhur. Banyak benda yang dikeramatkan masyarakat Marapu sebagai media penghubung dengan leluhur. Perlahan, jumlah penganut kepercayaan ini mulai berkurang seiring masuknya agama lain ke Sumba. Namun adat istiadat tetap tidak bisa mereka tinggalkan begitu saja, seperti pembuatan tenun ikat ini.
Dalam tradisi Marapu, selembar kain tenun ikat digunakan pada prosesi perkawinan, sebagai mahar, dan upacara kematian. Rambu Ana, putri bungsu raja terakhir Prailiu, berujar, “Di dalam kubur batu ayahku, Tamu Umbu Ndjaka, terdapat sekitar 100 tenun persembahan dari warga dan kerabat. Mereka memohon agar kain-kain itu ikut dikubur bersama raja sebagai bentuk penghormatan.”
Kain ini juga dikenakan sebagai pakaian adat saat upacara spiritual, dari Wulla Podduhingga Pasola. Hinggi Kalambung adalah kain tenun yang digunakan di pinggang seperti sarung, sedangkan yang diselempangkan di bahu disebut Hinggi Nduku.
Rambu Ana biasanya akan mengajak wisatawan berkunjung ke rumah salah seorang kerabatnya yang perajin tenun ikat. Jaraknya tak jauh, sekitar 15 menit berkendara dari Prailiu, sudah sampai di tempat tujuan. Kita bisa melihat proses pewarnaan biru di rumah Ngana Ana, tak semua penenun bisa meramu biru.
Seperti siang itu. Ketika sampai di rumah wanita bernama Ngana Ana itu, saat itu ia sedang asyik mengurus beberapa babi dan kuda di halaman rumah. Saat bersalaman dengan wanita itu, pengunjung langsung memperhatikan tangan hingga separuh lengannya yang berwarna biru kegelapan. Dia seperti baru bermain tinta.
“Tangan-tangan ini bekas merendam benang pintal,” ucap Rambu Ana menjawab pandangan pengunjung yang keheranan. Benar saja, rupanya Ngana Ana baru melakukan proses pewarnaan di belakang rumah.
Warna biru alami ini berasal dari daun nila yang dapat ditemukan di halaman rumahnya. Daun hijau yang besarnya hanya sekitar satu sentimeter itu bisa menghasilkan warna biru yang khas. Paduan warna tenun Prailiu memang tak terlalu banyak, hanya merah, hitam, kuning, dan biru. Untuk warna merah, penenun menggunakan ekstrak akar mengkudu.
Ngana Ana kemudian menjabarkan proses pembuatan tenun ikat Sumba Timur. Bahan dasarnya ada dua macam, yaitu benang buatan pabrik yang biasanya sudah dijual berwarna-warni dan benang yang dipintal sendiri dari kapas, seperti dipakai Ngana Ana.
Selesai dipintal, benang akan melewati proses pewarnaan menggunakan bahan alami tadi. Sebelum ditenun, ada proses penggambaran motif terlebih dulu. Hebatnya, nenek moyang mereka tak pernah menggambar, melainkan langsung menenun dengan benang yang dipilih.
Setiap wilayah di Sumba memiliki kekhasan motif tenun. Ngana Ana menyebutkan bahwa dia lebih sering membuat motif hewan, seperti buaya, penyu, ayam, kakatua, dan udang. Ada pula beberapa tamu yang membeli tenun dengan motif sendiri.
Proses pemintalan hingga menjadi kain tenun siap pakai bisa memakan waktu paling lama enam bulan. Harganya bervariasi. Rambu Ana mengatakan pernah melihat kain tenun Prailiu dijual seharga Rp 10 juta.
Sebagai salah satu penerus warisan budaya leluhur Prailiu, Rambu Ana ingin mempertahankan tradisi membuat tenun ikat. Selain regenerasi keahlian menenun, tentu pemasaran harus dikembangkan agar tenun ikat dikenal masyarakat di luar Pulau Sumba. Apalagi harga jualnya cukup tinggi. Sebaliknya, wisatawan hendaknya menghargai proses pembuatan tenun yang panjang dan pasti melelahkan itu.
agendaIndonesia
*****