Petik laut Banyuwangi, atau sering pula disebut petik laut Muncar, karena pelabuhan di Banyuwangi itu berada di Muncar, senantiasa ramai. Baik mereka yang terlibat dalam ritualnya, maupun para pelancong yang ingin melihat upacara melepas sesaji ke laut, seraya berucap syukur, berharap rezeki, dan jauh dari mara bahaya.
Petik Laut Banyuwangi
Petik Laut adalah simbol tradisi budaya pesisir nelayan Jawa yang mengandung makna memohon doa sekalius berucap terima kasih dari para nelayan yang memetik, mengambil, atau memperoleh hasil laut berupa ikan.
Tradisi serupa bisa ditemukan juga di beberapa wilayah pesisir Indonesia dengan istilah dan cara yang beragam. Misalnya saja, Simah Laut di KotawaringinTimur, Kalimantan Tengah, atau Pararakan Laut di Flores, Nusa Tenggara Timur.
Di Muncar, yang berjarak 35 kilometer dari pusat kota Banyuwangi, Jawa Timur, menurut masyarakat setempat, tradisi petik laut Banyuwangi ini sudah berlangsung sejak masyarakat mendiami Muncar pada 1900. Dan berlangsung hingga kini.
Awalnya, petik laut Banyuwangi digelar dengan hitungan pranata mangsa—penentuan musim menurut kebiasaan pemahaman suku Jawa, khususnya dari kalangan petani dan nelayan. Namun kemudian disepakati dalam hitungan pasti, yaitu setiap tanggal 15 bulan Syura penanggalan Jawa.
Upacara ini mempunyai makna rasa syukur atas rahmat Tuhan dengan berlimpahnya hasil penangkapan ikan. Upacara ini juga harapan untuk perlindungan dari mara bahaya. Kabarnya, Petik Laut Banyuwangi di Muncar termasuk yang paling meriah dari kegiatan sejenis di Jawa. Maklum, Muncar adalah pelabuhan nelayan penghasil ikan terbesar di Indonesia setelah Bagan Siapiapi. Komoditas laut yang dihasilkan antara lain ubur ubur, lemuru, dan tongkol. Umumnya diekspor ke pasar internasional.
Ritual ini biasanya berawal dari Pelabuhan Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur. Selain warga local, ada wisatawan domestik dan pelancong asing yang datang khusus untuk menyaksikan upacara petik laut.
Kesibukan petik laut sebenarnya sudah berlangsung sejak malam sebelumnya. Masyarakat Muncar melakukan tirakatan di tempat pembuatan sesaji. Tirakatan yang berupa doa bersama bertujuan agar nelayan dijauhkan dari musibah serta diberi kemudahan dalam mencari rezeki.
Di beberapa surau dan rumah juga diadakan pengajian atau semaan. Kegiatan ini berlangsung sampai pagi sebelum githik yang dipersiapkan di rumah pawang kemudian diarak keliling perkampungan nelayan mulai jam 6 pagi dengan diiringi kesenian terbangan dan gandrung.
Githik adalah replika perahu kayu berukuran 5 meter yang di dalamnya berisi aneka sesajen, seperti nasi tumpeng, nasi gurih, nasi lawuh, 44 jenis kue, buah-buahan, kinangan sirih, serta dilengkapi kepala kambing “Kendit”, dan dua ekor ayam hidup. Githik itulah yang nanti akan dilarung ke laut.
Ritual pagi itu dimulai dengan penyelipan pancing emas ke lidah kepala kambing oleh kepala daerah. Hal ini bermakna pemimpin diberi amanah mewakili rakyatnya untuk memohon diberi hasil ikan melimpah.
Setelah itu, githik secara perlahan digotong menuju kapal utama yang bersandar di dekat panggung. Perahu tersebut akan berlayar ke tengah laut mengomandoi ratusan kapal lain. Mulai jenis jukung yang paling kecil hingga slereg yang paling besar.
Pagi itu pengunjung menyemut di sekitar Pelabuhan Muncar.Jumlahnya mungkin ribuan. Maklum, ini menjadi hajatan terbesar di pesisir timur Jawa.
Puluhan kapal sudah bersandar di dermaga. Mereka umumnya dihias dengan meriah, dengan. umbul-umbul warna-warni. Tidak sedikit yang dilengkapi pengeras suara bertenaga besar yang memekikkan irama musik, menggiring warga bergoyang-ria di atas dek kapal. Benar-benar sebuah pesta di tengah lautan.
Kapal-kapal ini akan segera bertolak menuju titik larung yang jaraknya sekitar 5 kilometer dari pelabuhan. Dalam hitungan menit, hampir semua kapal sudah dijejali penumpang tambahan hingga penuh sesak.
Terdengar musik bertalu-talu, tanda iring-iringan githik yang telah diarak keliling lingkungan perkampungan nelayan sejak pagi tiba di lokasi upacara pelepasan sesaji ini.
Satu kapal bisa disesaki sekitar 100 orang. Beberapa awak memberi isyarat supaya warga tidak berlompatan ke kapal. Jika tak dibatasi, makin banyak warga yang mencoba ikut. Akibatnya bisa berbahaya buat kapal. Meskipun, akhirnya kapal tetap penuh sesak.
Bunyi mesin disel kapal pun menderu membelah ombak. Semua kapal melaju cepat. Semua bersemangat. Tak ada aroma kecemasan dengan kapasitas yang melebihi daya tampung. Yang terlihat hanya pancaran kegembiraan dari semua wajah yang memenuhi setiap jengkal dek.
Ritual dilakukan di sebuah lokasi yang disebut Plawangan, yaitu perairan tenang, dekat Semenanjung Sembulungan. Setelah tiba, semua perahu berhenti sejenak.
Dipimpin sesepuh nelayan, sesaji pelan-pelan diturunkan. Teriakan syukur menggema begitu sesaji jatuh dan tenggelam ditelan ombak. Belasan warga menceburkan diri ke laut. Mereka berebut mendapatkan sesaji. Nelayan juga menyiram air yang dilewati sesaji ke seluruh badan perahu. Konon mereka mempercayai air tersebut menjadi pembersih malapetaka.
Dari Plawangan, sebagian perahu bergerak menuju Tanjung Sembulungan. Di tempat ini, nelayan melarung sesaji ke dua. Hanya saja jumlahnya lebih sedikit. Konon sesaji ini berkaitan dengan kepercayaan akan “penguasa” kawasan ini.
Rombongan juga mampir di Pantai Sembulungan, tempat terdapat makam Sayid Yusuf, yang dikenal sebagai tetua masyarakat Muncar. Tempat ini dipakai sebagai persinggahan akhir rangkaian upacara Petik Laut.
Pada masa hidupnya, Sayid Yusuf diceritakan menyukai tarian gandrung, sehingga kuburannya disebut dengan makam gandrung. Kesenian gandrung pun dipentaskan di sini. Para penari gandrung terbaik yang telah dipilih menari di sekitar makam diiringi alunan musik gamelan klasik suku Osing.
Menjelang sore, setelah berziarah, upacara disudahi dengan selamatan dan doa. Perahu-perahu kemudian kembali ke Pelabuhan Muncar. Saat berlabuh, beberapa perahu terlihat disiram dengan air laut sebagai bentuk harapan akan berkah dari Shang Hyang Iwak sebagai Dewi Laut.
Petik laut Banyuwangi betul-betul sebuah pesta bagi para nelayan merayakan hasil laut yang menghidupi mereka.
agendaIndonesia
*****